'cookieChoices = {};' Jaguar trail running - Moving forward

Header Ads

Jaguar trail running

Jaguar trail running
             “Pitulas RUN - Menegaskan kembali makna perjuangan”

Ini adalah cerita tentang event pertama JAGUAR yang bertemakan “Pitulas RUN - Menegaskan kembali makna perjuangan” dengan setting event trail running. Jadi wajar jika banyak kekurangan.. tapi banyak pelajaran yang saya dapatkan dari event ini.

16 Agustus 2015, selepas bantu – bantu acara tirakatan di desa. Sekitar pukul 22.30 saya pulang buat prepare, nyiapin semua yang mau di bawa ke Camp JAGUAR TRAIL RUNNING. Di lapangan tlogodlingo kawasan Lawu selatan.. sebelumnya saya ke Gladag solo dulu, karena ada beberapa temen yang katanya mau berangkat bareng. Dari sekian banyak yang masuk list, akhirnya Cuma nongol 2orang, yaudah kami bertiga langsung menuju TKP karena ada yang ngajak bareng tapi dia nunggu di Alun-alun karanganyar.. setelah ketemu yang tadinya Cuma bertiga, sekarang jadi berempat ((lumayan kan daripada sendiri))..
Dan sampailah kami di TKP, waktu itu jam berapa ya? Kalo gasalah sudah hampir jam 2 dini hari, jadi suasana sudah sunyi sepi, peserta sudah pada tidur karena paginya race.. yaudah kan karena udah sepi, gelap, dingin karena di gunung akhirnya kami juga langsung tidur :D
Nggak berasa baru merem bentar udah subuh aja, setelah sholat subuh bareng akhirnya aku termakan bisikan entah mana yang nyuruh jalan” nyari air, dan gataunya di sebelah Camp nya itu ada kebun strawberry dll yang kebetulan emang pas lagi musim panen. Yaudah cemilin dikit buat mood booster :D haha
Namanya waktu kan jalan terus ya, jadi udah jam nya Race nih..
Karena dari awal udah terlalu semangat dan ngerasa kalo saingannya terberatnya cuma Furqoni (temen yang berangkat bareng tadi), tanda race telah dimulai pun telah terdengar.. semua peserta langsung sprint dari awal ((“nek startnya aja kaya gitu nanti pasti kilometer2 udah pada drop fur”  bisik saya ke furqoni)) dan memang benar, di kilometer pertama aja jarak kami udah makin jauh, dari sini kesombongan itu mulai tumbuh, mulai mikir gabakal bisa terkejar, dan akhirnya Cuma fokus ke Podium & Trophy.. karena treknya nggak terlalu berat jadi bisa nge Push, tapi apa mau dikata, kesombongan itu adalah awal dari sebuah kegagalan, takdir memang tidak selalu sesuai dengan apa yang di rencanakan, pada saat itu Penunjuk arah ke check point terakhir jatuh, jadi posisinya itu ada di jalur simpang tiga, untuk ke checkpoint terakhir harusnya belok kiri, nanjak dikit sudah sampai, ambil gelang terus turun bisa ngebut dan menang (itu seharusnya)..
Tapi kenyataan berkata lain, panahnya nunjuk lurus, karena sudah gasabar pingin finish yang ada di fikiran saya ikutan tanda dan kamu akan menang (ini adalah sebuah bukti bahwa dalam sebuah kompetisi musuh terberat bukanlah competitor lain, tapi diri sendiri. Jika kamu tidak bisa mengendalikan ego & emosi, itu artinya kamu sudah kalah dari awal) tadinya saya sempet ngerasa aneh kalo jalannya benner kenapa nggak ada paper? Tapi muncul pemikiran lain yang bilang “Mungkin di depan ada panitia nungguin, maju aja maju”.. dan parahnya pas sampai di puncak bukit ketiga masih tidak ada siapa-siapa, akhirnya saya nengok kebelakang dan sial, ternyata ada Bendera di puncak bukit pertama, dan itulah checkpoint terakhir  “ternyata saya ke bablasan 2 bukit, ke sombongan telah menutup mata saya. Menelan semua tanda yang harusnya saya lihat”..
Karena tidak mau finish di urutan terakhir, Akhirnya saya berusaha lari sekuat tenaga, dan kesialan masih terus berlanjut.. langkahku pun terhenti oleh seutas rotan, karena sudah di butakan ego semua logika pun terasa tak begitu berarti, saya dobrak rotan itu dan akhirnya putus, karena dorongan yang begitu kuat akhirnya saya tersungkur masuk ke sebuah lubang yg tadinya saya gak sadar kalau itu adalah rumah/sarang babi hutan, dan pas naik dari lubang itu, saya di kagetkan dengan sesosok Babi di depan mata, Panik? ya jelas panik.. sekilas saya inget kalo tipe hewan ini Cuma bisa lari lurus kedepan, akhirnya saya bikin dia marah dengan cara timpukin pakai batu, dan tepat disaat dia lari kearah saya, saya langsung lari sekuat tenaga ke jalan setapak di samping. Tapi siapa sangka kalau di jalur itu ada batang kayu besar yang tertutupi rumput ilalang. Pada akhirnya tabrakan pun tak terelakkan, dengan kerasnya batang kayu itu menghantam bagian perut saya. Dengan menahan rasa sakit akhirnya saya tetap melanjutkan perjalanan, sampai akhirnya tibalah di pertigaan dimana satu”nya penunjuk arah terakhir jatuh tadi, dan pada saat itu sudah ada 2orang panitia di situ.
-Spontan saya ngomong “ke bablasan mas, salah jalan”..
-“Kok isoh to mas? Mulo nek mlayu ki matane dinggo mas, petunjuk arah gedene semene kok ra weruh (kok bisa mas? makanya kalo lari itu pake mata, petunjuk arah se gede ini kok gak lihat)” jawab mereka ketus

Males nanggepin akhirnya pun saya lanjut naik ke checkpoint terakhir, dan kebetulan jalurnya sudah penuh pendaki yang memang kebetulan lagi diklat..  pas nungguin tiba-tiba ada temen dari solo juga yg tadinya di posisi paling belakang sudah turun.
-“Loh put, kok koe ning kene? Mau kan ning ngarep to, tak kiro wis finish (loh put kok kamu masih disini? Tadi di depan to, tak kira sudah finish)” sapa nya heran

-“Kebablasen mas” jawabku agak sedikit lesu

Akhirnya karena kalo nunggu jalurnya kosong bakalan lama, saya memutuskan untuk lari di jalur samping yg tidak lain itu jurang, dan salah satu pendaki tadi nanya, “Loh mas, bukane tadi kamu paling depan? Kok sekarang jadi paling belakang?”
-“Iya mas, salah jalan” jawabku malu

Dan tibalah di checkpoint terakhir untuk ambil gelang terakhir, setelah dapet gelangnya, saya beranikan diri buat minta minum ke panitia yg di ataas dan untungnya di kasih.. karena sadar sekarang saya di posisi paling belakang saya langsung bergegas lari turun lewat jalur jurang tadi, sialnya lagi saya ter srimpet rumput dan jatuh mengglinding cukup jauh. Tak lama saya berdiri dan lanjut lari lagi, sampai saya bisa ngejar mas wawan (temen dari solo yg di belakang tadi) dia bilang “Wis put rausah ngoyo, musuhnya jauh. Kamu gabakal bisa ngejar 15besar” ((karena medali cuma untuk 15 finisher pertama))
Mendengar itu saya langsung down, dan meng iyakan.. setelah sekian lama nemenin mas wawan yg ternyata kakinya memang sedang cedera akhirnya saya berfikir lagi (diawal saya sudah sok kuat, larinya gapake jersey official, pemanasan paling semangat.. masak iya finish di urutan terakhir)  Akhirnya saya nekat ngejar lagi dengan luka dan rasa sakit dimana-mana, tapi siapa kira ternyata jarak pelari lain tidak begitu jauh..
Tapi karena tadi saya sempet mikir kalau memang gabakal bisa ngejar lagi, alhasil Cuma bisa finish di urutan 20an..

-Banyak sekali pelajaran yang saya peroleh dari event ini, Mungkin saya memang jadi pecundang disini, dan membuat beberapa memandang sebelah mata. Tapi dari situ saya jadi tau betapa pentingnya kerendahan hati, pentingnya Konsentrasi, pentingnya Logika dan strategi-


“TIDAK ADA BEBAN YANG TERLALU BERAT, TUHAN TAHU PUNDAKMU ITU KUAT”

Tidak ada komentar