'cookieChoices = {};' flashback Jakarta International 10k - Moving forward

Header Ads

flashback Jakarta International 10k

Jakarta International 10k

Sedikit bercerita tentang pengalaman saya di JITENK (jakarta international 10k) 2015.  Sebenernya pingin nyeritain tentang JITENK 2016 juga, tapi apa daya, meskipun saya sangat ingin ikut event keren ini tiap tahun tapi tahun ini tuhan tidak mengizinkan..

Kisah ini berawal tahun lalu saat saya masih baru” masuk dunia lari, bisa di bilang disini pertama kalinya saya dapat medali dari event lari, meski bukan race pertama tapi JITENK (jakarta international 10k) tempat dimana saya menemukan pengalaman pertama yang sangat berkesan dari berlari.. disana saya bisa bertemu banyak orang – orang baru, bisa ketemu komunitas” kece dari berbagai daerah, dan tentunya banyak sosok motivator baru yang saya temukan.

Waktu itu masih minim  latihan juga sih sebenernya, paling Cuma lari malam keliling solo sendirian tiap hari/ kalo pas lagi bosen dan butuh suasana baru sesekali larinya di Kampus. Tapi karena ada temen yang masih ragu sama kemampuannya sendiri karena PB nya dibawah standar (Personal bestnya untuk jarak 10k waktu itu masih di kisaran 1jam 10menit+, padahal di jakarta international 10k itu medali nya terbatas. Katanya sih pas tahun itu ada sekitar 2000medal terbagi beberapa kategori, tapi kayaknya ganyampe 2000, dan untuk medali segitu seenggaknya harus finish dibawah 55menit) akhirnya saya tawarin Altitude training bareng di Tawangmangu / lereng gunung lawu, awalnya sih dia ragu – ragu tapi akhirnya mau juga. Setelah rute dan teknis latihan sudah siap tentunya saya share ke grup dong ((berharap ada yg mau ikutan)) tapi endingnya tetep berangkat berdua aja sih. Janjiannya jam 05.00 WIB ketemu di depan kampus, tp hukum toleransi di indonesia itu sudah jadi tradisi :D saya dateng setengah5 nunggunya lama, sempet mikir dia gajadi berangkat karena susah di hubungi, nah pucuk di cinta ulampun tiba, setelah penantian panjang akhirnya dia tiba juga ((hampir jam6 sih tapi)).. setelah perjalanan sekitar 60-70menit akhirnya sampai juga di lokasi, karena sudah jam7 pagi udah mulai panas jadi langsung warm-up dan Let’s training.. Di kilometer awal bener – bener di pecundangi trek (Langsung digeber tanjakan maut di dataran tinggi dimana keberadaan oksigen lebih tipis dari rumah) mungkin karena baru pertama kalinya nyobain Altitude training  jadinya keliatan kaya pecundang.

Setelah sampai di titik split/ chekpoint akhirnya istirahat bentar di warung sekalian ngadem, nah selang beberapa menit kami lanjut lagi, takut keburu dingin badannya. Karena baliknya lari turun jadi beda, yang tadinya naik ngos-ngosan, turunnya udah macem ninja aja ngebut gapake berhenti. Beruntung waktu itu banyak wisatawan asing yang lagi piknik disana, jadi sasaran lensa kamera deh :p naiknya lama sejam’an, turunnya 6km cuma 15menit :D pas itu masih ada waktu 2minggu sebelum race jakarta international 10k, terbesit di pikiran kami untuk latihan lagi di tempat yang sama minggu depannya, tapi ya Cuma jadi wacana.

Akhirnya sampai juga di tanggal keberangkatan kereta, kami beli tiket dengan jadwal keberangkatan;  jum’at 29mei 2015, pkl: 16.10 WIB. Apesnya pas perjalanan ke stasiun Sepatu yang saya ikatkan di tas carrier yang saya bawa masuk ke ruji belakang motor tanpa sadar, yang mengakibatkan sol bagian depan rusak L akhirnya selang beberapa menit keretanya datang, sebenernya banyak yang dari solo tp berangkatnya misah, saya Cuma berdua sama temen yg ikut Altitude training  tadi, dia sempet cerita kenaikan progress nya pasca latihan bareng saya kemarin ((yang tadinya PB 10km diatas 1jam 10menit, terakhir dia lari 10k bisa tembus 43menit *it’s amazing))

Setelah 9 jam perjalanan akhirnya sampai juga di St. Pasar senen jakarta, pas itu sampai sana masih sekitar setengah 2 dini hari.. akhirnya jalan” keliling jakarta sampai subuh, sholat subuh di Masjid Istiqlal dan istirahat sebentar disana sebelum jalan-jalan lagi, sekitar jam 7 pagi saya dan teman saya jalan” lagi ke monas lihat – lihat rute lombanya ((disana malah jadi kaya pendaki salah dimensi, bawanya tas carrier gede isinya logistik tapi keliling kota)) haha
Dari pagi sampe sore nongkrong di 7eleven sekalian ngopy :D terus sorenya kami misah, temen saya ngambil racepack di Kalibata dan kami janjian ketemu lagi ba’da isya di istiqlal, ga kerasa waktupun berlalu, abis maghrib saya stay di Istiqlal sekalian nungguin dia.. dan jam 8 lebih dia baru sampe, akhirnya ngadem dulu di pelataran samping masjid sekalian nge charge HP.
Tiba – tiba ada orang asing duduk di sebelah, awalnya sih diem” an terus dia mulai ngajak ngobrol formal nanyain, dari mana dll. Dan obrolan pun mulai terasa aneh

“Hero (orang asing tadi ngakunya namane ini) badannya keker ala preman tapi logat dibuat-buat kaya bencong”

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Hero: dari mana mas
Saya: Solo mas
Hero: Ke jakarta dalam rangka apa?
Saya: Ikut lomba lari mas, kebetulan besok ada lomba lari Jakarta international 10k
Hero: Kesini berdua aja? Enggak ada rombongan yang lain di dalem?
Saya: Iya mas berdua aja (bohong karena udah mulai curiga)
Hero: Terus nanti kalian mau tidur dimana?
Saya: Rencananya sih disini
Hero: Eh enggak bisa, kalo disini itu Cuma boleh sampe jam 10 malem aja, abis itu di sterilisasi.. semua harus keluar, saya tahu wong saya udah disini 20tahun lebih.. ati ati loh mas, disini itu lagi banyak berandalan, nanti kalo malem diatas jam 10 mereka pasti kesini, biasanya lompat pager yang disana itu, mereka 4orang preman semua, tapi terserah nek kamu 2orang aja berani ngelawan mereka
Saya: ehmmm, iya (karena udah ngerasa aneh, sengaja ngulur waktu dulu biar HPnya isi)
Hero: Tapi orang jawa itu emang bodo mas, kalo disini biasanya jadi sasaran. Bukannya saya mau nakut – nakutin tapi Cuma ngasih tau aja karena saya juga dari jawa.. mereka kenal saya mas karena saya sudah disini lama. Nek kamu mau nantangin ya gapapa “tapi nek ditanya orang jangan bilang kalo saya yang ngasih tau” celotehnya

Saya: senyam senyum aja
Hero: Kalo disini ati – ati mas, jangan mainin HP, jangan liatin HP ke orang, nanti jadi target.
Saya: iya mas
Hero: Ini sekarang jam berapa ya mas?? tanyanya santai
Saya: setengah 9 mas (asal jawab, karena sadar kalo dia pake jam tangan dan punya HP tapi nanyain jam. Modus pingin lihat HP saya)
Hero: Nanti tidur sama saya saja di depan situ mas, atau kalo mau di mushola monas aja aman gaada orang. (sambil ngomong dia ngeluarin kain dan sekaleng parfum, normalnya kalo Cuma mau bikin sapu tangannya wangi itu sekali dua kali semprot, lah ini sampe satu kaleng parfum di habisin Cuma buat selembar kain)
Saya: Naf, makan yuk .”ajak saya ke temen saya, padahal sebenernya udah makan tadi”.
Hero: Mau makan dimana? Di depan situ aja sama saya, saya juga belum makan.
Saya: Mau muter – muter dulu mas, sekalian malam mingguan
Hero: Nanti jam 10 balik lagi ke sini ya, saya tunggu di depan

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
~Sambil jalan saya ceritain semuanya ke temen saya, dan dia juga mikirin hal yg sama.

.“ Temen saya tipe orang yg nggak mau ambil resiko, dan saya tipikal orang yang kritis ((kebanyakan main game asah otak)) kami berdua sudah sadar dari awal kalo orang ini komplotan 4org preman yg ada di luar”.
Dan bener, pas baru keluar dari masjid saya sadar ada beberapa org yg merhatiin. Jalan kemana diikutin “untungnya basic saya dan temen saya pelari”. Naf, aku itung sampe tiga abis itu nyebrang jalan terus lari sampe monas ya ..”bisik saya”
Dan pas kami lari mereka juga ngikutin lari, tp terhalang jalanan yg rame. Dan kebetulan pas malam minggu jadi di monas juga rame, akhirnya nunggu temen” dari solo di lenggang monas, sampai jam 12 malem mereka baru sampai, terus saya ajak nongkrong di suffel sekalian ngopy lagi, nggak berasa tiba-tiba adzab subuh berkumandang. Akhirnya buru - buru ke masjid dan sholat, selesai sholat MC nya udah teriak teriak nyuruh cepet merapat ke START line.

Setelah satu jam nunggu, akhirnya Race pun dimulai...
Di kilometer awal saya bener – bener merasa seperti pecundang, seperti orang yang baru pertama kali mencoba berlari, nafas gak karuan, ngos-ngosan (efek karena nggak tidur 2 hari nafas jadi pendek, dan mata ngantuk, apalagi tadi kan sebelum race minum nya Green tea coffe, camilannya keripik sama cilok pedes. Rasanya jadi ga karuan) di kilometer 1 – 2 perut mulai bermasalah, sakit bukan main ((kalo orang jawa sih bilangnya suduken)) akhirnya jalan pelan, padahal temen” lain yg dari solo udah pada di depan, sempet down, dan pesimis bisa finish di bawah satu jam. Di kilometer 4-5 udah mulai bisa lari pelan pace6/7, akhirnya ketemu split time (kilometer 5) di pakein kalung pita, bukti kalo engga motong jalan, setelah Split time ketemu WS ambil 2 botol air mineral, minum dikit dan sisanya buat guyur ((nah di titik ini saya mulai sadar, mulai terbangun karena guyuran air yg bikin mood dan semangat naik)) Akhirnya bisa ngebut, tiap mulai pelan guyur air terus sprint, di KM7 ketemu mobil pemadam yg nyemprotin air, peserta lain sih menghindar karena jerseynya tebel, kalo kena air jadi berat, saya sih masa bodoh, setelah di semprot mobil damkar ini *BOOM! Tiba tiba semangat memuncak dan bisa sprint sampai finish, di KM8 saya ketemu temen” dari solo yang saya kira sudah pada finish duluan, setelah itu ngedahuluin 2atlit (pria dan wanita, kayaknya yang cewek cedera terus yang cowok nemenin), maju dikit ngelewatin 2 atlit lagi karena seneng bisa ngejar beberapa athlete efeknya pace jadi stabil, nafas teratur.. dan sampailah di belokan terakhir menuju garis finish, dan sulit di percaya. Yang tadinya saya pikir ga akan bisa finish di bawah 1jam ternyata salah.
Pas lihat timer di atas Finish line waktunya baru 44.72menit, dapat medali pertama, malah temen saya yg tadinya di depan ngga dapat medali karena finish 55menit.

Keseruan event Jakarta international 10k tak Cuma sampai di situ, di belakang banyak booth komunitas dengan berbagai Games menarik, booth Milo dll.. karena tertarik dengan kerumunan di booth games akhirnya saya ikutan plank challenge dan nggak taunya menang (lumayan buat nambah cindera mata)
Setelah puas keliling dan foto” akhirnya tiba waktunya pulang

Jangan lupa baca cerita tentang pengalaman saya di race 

2 komentar: