'cookieChoices = {};' Hal terpenting yang harus dilakukan sebelum tanding lari - Moving forward

Header Ads

Hal terpenting yang harus dilakukan sebelum tanding lari


Pagi guys, kita mau sharing lagi nih.

Bulan November ini banyak sekali event lari yang seru untuk diikutin, biasanya banyak orang yang mulai menyukai lari ketika telah mengikuti event, sebenernya ada gak sih tips-tipsnya supaya saat kita lari tidak terlalu tertinggal jauh di belakang, atau bahkan bisa memenangkan race? Kita simak aja yuk berikut ini.

1.Kekuatan fisik
Sebelum kita mengikuti perlombaan lari alangkah baiknya kita latihan terlebih dahulu untuk mempersiapkan badan kita. Pastikan tubuh bebas dari segala cidera dalam 2 hari terakhir sebelum lari. selama minggu ini, jangan khawatir fisik akan menurun karena justru akan naik setelah diberikan waktu istirahat untuk pemulihan. Untuk berjaga-jaga, lakukan sprint satu atau dua lap atau streching saja. agar otot tetap bekerja tanpa membuatnya lelah.

2.Pelajari Rute
“Bisa karena Biasa” slogan ini sering sekali terdengar, dan memang orang akan lebih lincah bila sudah biasa, maksudnya adalah, kita sudah melihat rutenya, dan kita bisa memperkirakan di titik mana kita menambah kecepatan, di titik mana kita mengurangi kecepatan, sehingga lari pun menjadi maksimal.

3.Buat tubuh menjadi ringan
Setiap kilogram akan sangat berpengaruh bagi tubuh kita, karena akan menambah beban kita, pakailah sepatu, baju, celana yang ringan agar dapat berakselerasi lebih mantap.

4.Bawa perbekalan
Berlari tidak boleh bermodal nekat, karena kita tidak tau apa yang akan terjadi di depannya. Ada yang merasa tenang dengan tidak membawa air minum tambahan karena merasa sudah ada water station dan pas lari ternyata water station-nya kurang dan airnya tidak cukup, akhirnya lari kita jadi tidak maksimal, disarankan untuk selalu membawa makanan kecil, atau minuman ber ion, karena itu dibaratkan sebagai P3K-nya para pelari, tidak perlu banyak yang penting cukup apabila kita butuh.

5.Pemanasan
Pemanasan adalah hal yang paling penting sebelum berlari. Lakukanlah pemanasan dengan stretching yang baik, lari di tempat atau jogging ringan yang masih jauh dari level power maksimum. Luangkan waktu 15 menit untuk pemanasan. Ini juga mempercepat waktu tubuh untuk dapat berada pada maximum power threshold.

6.Pergi ke kamar mandi
Pastikan juga untuk mengosongkan limbah tubuh sebelum balapan. Selain mengurangi beban tubuh dan membuat tubuh lebih lega, ini mengurangi resiko kebelet di jalan dan akhirnya terpaksa meluangkan waktu yang cukup signifikan untuk buang air.

7.Rehidrasi
Untuk melakukan metabolisme dan mengeluarkan tenaga, tubuh harus tetap dalam kondisi terhidrasi. Kekurangan cairan selain memperlemah tubuh juga dapat menyebabkan keram. Jadi, pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Minumlah dengan cukup tepat sebelum start, dan jangan terlalu banyak. Lalu, manfaatkan setiap pos minuman. Namun ada baiknya juga jika tidak minum terlalu sering, karena minum dapat mengurangi kecepatan. Kemampuan untuk tidak minum banyak dapat diperoleh melalui latihan “semi-dehidrasi”.

8.Start
Kesalahan terbesar dalam berlari dimulai saat strat dan akhirnya memperburuk semuanya, jangan memacu dengan kekuatan penuh pada saat start, kadang kita terpacu oleh pelari-pelari profesional yang langsung berlari kencang disaat start, asal kita tau bagi pelari profesional mereka menganggap berlari itu santai. Jadi berlari lah dengan santai terlebih dahulu.

9.Tentukan Pace
Balap lari adalah bagaimana cara kita untuk mencapai finish secepatnya. Jadi kuncinya, pertahankan pace yang tepat, sedikit saja dibawah maximum power threshold. Jangan gunakan pace cepat yang masih terlalu tinggi sehingga memperlemah tubuh di tengah balapan, namun hindari juga pace yang masih terlalu rendah sehingga potensi tubuh tidak dikeluarkan secara maksimal.

10.Final Sprint
Jika mampu, paculah tenaga dalam 300m terakhir (sesuaikan jarak dengan persediaan tenaga). Balapan sudah mau berakhir, jadi untuk apa terus berada pada konfigurasi metabolisme untuk jarak jauh? Sebelum sprint, kita juga bisa sudah sedikit meningkatkan pace lari dalam kilometer terakhir.

11.Terpenting
Hal terpenting yang harus dilakukan bagi para pelari yang mengikuti event balap lari adalah daftar event tersebut, bagaimana kita bisa berlari jika kita belum mendaftar event tersebut? hahahaha

Tidak ada komentar