'cookieChoices = {};' Perhatikan ini saat merawat kamera dan lensa - Moving forward

Header Ads

Perhatikan ini saat merawat kamera dan lensa

Bingung mulai darimana untuk merawat kamera? Ini daftar yang harus dilakukan dan dihindari agar kamera dan perangkat lainnya lebih awet.
Baca buku manual setelah membeli kamera. Di buku ini biasanya ada keterangan apa saja  yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan kamera. Hindari melakukan hal yang berpotensi merusak atau membatalkan garansi kamera.
Kecuali ada tanda Waterproof atau Weather sealed, jauhkan kamera dan lensa dari air. Perangkat elektronik dan air seperti musuh yang tak boleh bertemu. Sedikit saja tetesan air menempel di papan sirkuit bisa berpotensi korsleting dan merusak rangkaian elektronik kamera.
Jaga kebersihan kamera dan lensa. Menjaga kebersihan tak rumit, tinggal lap dengan tisu atau kain lembut setelah digunakan untuk menghapus Debu dan sisa keringat dari tangan. Debu dan keringat yang menempel dalam waktu lama bisa menyebabkan kamera tak nyaman lagi dipakai.
Selalu matikan kamera saat hendak mengganti lensa, mengganti baterai, atau melepas kartu memori. Sepele sebenarnya, tapi mematikan kamera terlebih dahulu lebih aman bagi “otak” kamera digital yang kita miliki.
Simpan kamera di tempat kering. Jangan terlalu lama menyimpan kamera dan lensa dalam tas kamera. Sediakan pula beberapa bungkus silica gel untuk mengurangi kelembapan.

Selalu cabut baterai bila kamera akan disimpan dalam waktu lama agar tak terjadi korsleting saat penyimpanan dan memperpanjang umur kamera.

Tidak ada komentar