'cookieChoices = {};' TIPS GAMBAR TAJAM - Moving forward

Header Ads

TIPS GAMBAR TAJAM

Inilah tips agar foto tetap tajam dan detail
1. Gunakan Tripod. Tripod berperan penting agar foto anda tidak rusak karena goyangan tangan anda yang berpengaruh tehadap hasil foto. Gunakan tripod yang dapat membantu anda mengurangi getaran atau goyangan sehingga dapat menghasilkan gambar yang tajam.
2. Gunakan Pengaturan Shutterspeed Dengan Tepat. Shutterspeed adalah kecepatan atau waktu terbukanya sensor untuk menangkap cahaya, semakin cepat shutterspeed yang dipakai tentu sensor akan menangkap gambar anda dengan cepat walaupun objek tersebut bergerak. Maka itu jangan sampai shutterspeed yang anda gunakan dibawah normal, karena itu membuat foto anda menjadi kurang tajam, Baca lebih lengkap mengenai shutterspeed
3. Gunakan Autofokus . Jika anda belum mahir bermain dengn manual fokus, gunakan saja autofokus untuk membantu mempermudah memotret anda agar tetap tajam dan jelas.
4. Pastikan Cahaya Cukup Untuk Foto Anda. Cahaya yang kurang membuat kamera anda mengubah settingan shutterspeed menjadi lebih rendah sehingga membuat kamera anda lebih lama merekam gambar. Jika cahaya memang tidak mencukupi, gunakan sumber cahaya yang ada atau atur triangel exposure kamera anda (triangel mencangkup ISO, Shutterspeed dan Aperture)
5. Gunakan ISO Rendah. Banyak sekali orang awam yang menggunakan ISO yang tinggi pada saat minim cahaya. Tidak bisa dibilang kesalahan juga, tapi ini membuat foto anda menjadi banyak noise. Baca juga tentang ISO
6. Gunakan Image Stabilizer atau Vibrance Reduction Pada Lensa. Image stabilizer atau Vibrance Reduction berguna untuk mengurangi getaran pada kamera anda sehingga membuat foto anda tetap tajam walaupun kamera anda bergetar. Tapi ini tidak bisa menjamin 100% bahwa foto anda tetap tajam, karena tangan anda bisa saja bergetar lebih dari kemampuan Image Stabilizer untuk menetralkan getaran.
7. Matikan Image Stabilizer atau Vibrance Reduction Pada Lensa Jika Menggunakan Tripod . Image stabilizer atau Vibrance Reduction memang canggih karena bisa meredam getaran. Mungkin anda berpikir bahwa image stabilizer jika ditambah dengan tripod akan menghasilkan gambar lebih tajam lagi. Tapi ini adalah pemikiran yang salah, jangan pernah gunakan image stabilizer jika anda sedang menggunakan tripod, karena image stabilizer adalah mesin pencari getaran dan menetralkan getaran, jika tidak ada getaran, maka mesin Image stabilizer akan terus bekerja dan membuat kamera anda bergetar oleh mesin stabilizer tersebut.
Jika anda tidak mempunyai tripod gunakan apapun sebagai alternatif tripod. Gunakan tiang, kursi atau apapun yang ada demi menghasilkan gambar yang tajam, walaupun ribet tapi semua terbayar dengan hasil foto anda

Tidak ada komentar