'cookieChoices = {};' TIPS BLUR - Moving forward

Header Ads

TIPS BLUR

Bikin foto dengan background blur untuk pengguna kamera dengan sensor besar mungkin cukup mudah. Hanya dengan memperbesar lubang diafragma / nilai aperture diperkecil maka efek tersebut akan cepat terlihat. Tapi untuk pengguna kamera dengan sensor yang lebih kecil, seperti kamera pocket dan bridge (prosummer) tentu akan lebih sulit. Sulit..bukan tidak bisa tapinya.

Caranya mudah, aktifkan mode Macro lalu perpanjang jarak focal length atau naikkan zoom-nya. Menaikkan zoom selain mempersempit sudut gambar juga mempersempit ruang tajam sehingga background akan masuk dalam ruang yang tidak focus (Out of Focus). Ditambah dengan pemilihan background yang lebih jauh akan semakin membuat efek blur semakin dalam.

Tapi patut diingat, menaikkan zoom berpotensi untuk terjadinya getaran yang lebih besar. Jika zoom lebih dari 15x seperti pada kamera-kamera seri S dan HS, maka pastikan agar kecepatan shutter (Shutter Speed) minimal di angka 200, atau menggunakan tripod dan cahaya harus cukup terang. Dan menaikkan zoom hingga maksimal tentu akan mengurangi tingkat ketajaman. Jadi usahakan jangan sampai zoom maksimal.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar