'cookieChoices = {};' Tentang Jaringan Multi-Saluran (MCN) untuk Pembuat Konten YouTube - Moving forward

Header Ads

Tentang Jaringan Multi-Saluran (MCN) untuk Pembuat Konten YouTube


Jaringan Multi-Saluran (“MCN” atau “jaringan”) adalah penyedia layanan pihak ketiga yang berafiliasi dengan beberapa saluran YouTube untuk menawarkan layanan yang dapat meliputi pengembangan pemirsa, pemrograman konten, kolaborasi pembuat konten, pengelolaan hak digital, monetisasi, dan/atau penjualan.
MCN dan penyedia layanan pihak ketiga lainnya tidak didukung oleh YouTube atau Google, tetapi Anda dapat melihat daftar penyedia layanan Bersertifikasi YouTube dalam Direktori Layanan Kreator.

Aspek kunci dalam bekerja sama dengan MCN

Bergabung dengan MCN adalah pilihan penting untuk setiap pembuat konten YouTube. Sebelum bergabung, pastikan Anda memahami layanan dan/atau hasil yang akan diberikan MCN sebagai imbalan atas pembayaran Anda. Meskipun beberapa pembuat konten mungkin memilih untuk bermitra dengan MCN, Anda tidak perlu bergabung dengan MCN untuk meraih kesuksesan di YouTube. 

Sumber daya YouTube untuk semua pembuat konten

Pastikan Anda tahu cara mendapatkan bantuan sebagai Pembuat Konten YouTube dan menggunakan opsi dukungan YouTube, yang tersedia baik Anda bergabung dengan MCN atau tidak.
Setiap Pembuat Konten YouTube memenuhi syarat untuk mengikuti Program YouTube untuk Kreator, yang menyediakan sumber daya seperti lokakarya, pertemuan, konsultasi saluran, akses produksi ke YouTube Spaces, dan banyak lagi — semuanya gratis dan berdasarkan kebutuhan khusus saluran Anda.
Kontrak MCN mengikat secara hukum, jadi penting untuk membuat keputusan yang tepat. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan penasihat hukum Anda.
Sebelum bergabung dengan MCN, baca kontrak dan pastikan Anda memahami setidaknya hal berikut:
  • Biaya yang dikenakan oleh jaringan
  • Layanan tertentu dan tingkat dukungan yang ditawarkan untuk saluran Anda
  • Kewajiban Anda terhadap jaringan
  • Durasi kontrak Anda 
  • Cara mengakhiri perjanjian Anda
Bila bergabung dengan MCN, semua pendapatan akan ditransfer ke akun AdSense MCN Anda, dan MCN akan memiliki akses ke data pendapatan YouTube Analytics Anda.
Bergabung dengan MCN tidak berdampak pada bagi hasil Anda dengan YouTube, seperti yang diuraikan dalamPersyaratan Layanan. MCN biasanya mengambil persentase pendapatan dari bagian pembuat konten sebelum membayarkannya kepada mereka. 
Beberapa MCN juga menawarkan peluang pendapatan tambahan, seperti sponsor merek atau tim penjualan khusus, yang dapat berkontribusi pada keseluruhan penghasilan yang lebih tinggi untuk saluran Anda. Jika jaringan menawarkan layanan ini, pastikan hal ini dinyatakan dalam kontrak Anda.
Meskipun MCN dapat membantu Anda memahami atau mengatasi masalah klaim hak cipta, teguran, atau penghapusan pada saluran, MCN tidak dapat mencegah hal tersebut. Saluran yang ditemukan melanggar pedoman komunitas YouTube atau kebijakan hak cipta, seperti mengupload konten milik orang lain, akan menerima teguran atau hukuman lain, baik mereka merupakan anggota MCN atau bukan.
Anda dapat belajar tentang cara menjaga saluran agar bebas dari teguran dan penghapusan dalam Hub Kebijakan dan Keamanan dan Pusat Hak Cipta YouTube
Jika Anda merupakan saluran Afiliasi dan telah memenuhi kewajiban kontrak dengan MCN dan ingin membatalkan tautan dari kepemilikan konten MCN, Anda dapat meminta untuk keluar dengan mengeklik tombol Permintaan pembatalan tautan pada Setelan Saluran di Creator Studio.
Penting: Jika keluar dari MCN, Anda perlu menyiapkan monetisasi dan menautkan akun AdSenseuntuk terus menghasilkan uang dan mendapatkan bayaran.

Praktik terbaik untuk MCN

Semua MCN bertanggung jawab untuk membantu pembuat konten agar bisa berkembang dengan mengikuti praktik terbaik YouTube, termasuk:
  • Menghindari spam, bahasa yang menyesatkan untuk merekrut saluran agar bergabung dengan MCN.
  • Menjelaskan dengan baik tentang layanan dan tingkat dukungan yang diberikan dalam kontrak.
  • Bertindak dengan cara yang jujur ​​dan transparan tentang layanan yang ditawarkan dan kewajiban kontrak.
  • Mensosialisasikan dan merilis saluran sesuai dengan kontrak mereka.

Jika MCN tidak mematuhi praktik terbaik ini, mereka dapat kehilangan fitur akun dan monetisasi. Jika Anda yakin bahwa MCN tidak mengikuti kebijakan YouTube, hubungi tim Dukungan Pembuat Konten.

Tidak ada komentar