'cookieChoices = {};' Tips Menangkap Momen Liar - Moving forward

Header Ads

Tips Menangkap Momen Liar

Agar makin mantap memotret alam liar ada beberapa tips yang harus kamu ketahui. Tips tersebut antara lain datang lebih awal ke habitat hewan.
“Biasanya objek yang akan difoto habitatnya sensitif terhadap kehadiran kita,. Karena itu usahakan datang ke lokasi sebelum matahari terbit, sehingga objek tidak merasa terganggu dan terancam. Selain itu objek lama kelamaan terbiasa dengan kehadiran manusia”.
Di samping itu bekali diri dengan keperluan lapangan selama memotret wildlife, misalnya makanan dan minuman. Pakaian untuk kamuflase tidak berwarna terang atau mencolok agar objek tidak menyadari kehadiran sang pemotret.
“Tergantung medan pemotretan, kalau daerah dingin diperlukan jaket  tebal, sarung tangan, sepatu yang memadai serta penutup kepala untuk menahan dingin. Saat hunting foto ke hutan lebat persiapkan sepatu dan baju yang memadai, serta penutup kepala/topi.. Jangan lupa Insect Repellent, karena gigitan serangga atau kutu hutan sangat gatal.”
Setelah hal nonteknis terpenuhi, dia berpesan agar fotografer pemula wildlife untuk terus berlatih dan mengambil foto sebanyak – banyaknya. Kesabaran menunggu adalah kunci mendapatkan karya foto yang indah karena satwa tak bisa diarahkan sesuai keinginan fotografer. Andreas juga berharap semua orang sadar dan mengerti arti melestarikan kehidupan liar sehingga keseimbangan ekosistem terjaga dengan baik.
Hilangnya salah satu mata rantai akan menyebabkan ketidak seimbangan ekosistem. Dampak ketidak seimbangan tersebut sangat luas. “Sebagai contoh , pemburu menembak burung, padahal burung tersebut adalah predator alami ulat yang merusak tanaman pertanian. Karena predator alaminya habis, populasi ulat tidak terkendali. Mereka makin merajalela dan merusak pertanian. Jagalah kelestarian alam indonesia,”
Tips lainnya terkait kesiapan teknis, siapkan lensa panjang. Tak harus yang super mahal. Lensa tele menjadi perangkat wajib yang mesti kamu punya. Sekarang bahkan ada lensa tele untuk kamera smartphone. Jadi memotret kehidupan liar tak melulu mengandalkan DSLR meskipun soal ketajaman kamera DSLR atau Mirrorless jauh lebih jawara.

Terakhir, tenang dan sabar. Bergerak saat memotret kehidupan liar tak boleh grusa – grusu. Santai saja dan wajib sabar. Enggak dapat objek adalah hal biasa , yang penting ingat – ingat lokasi kalian menemukan satwa menarik karena di situ biasanya mereka akan datang lagi.

Tidak ada komentar