'cookieChoices = {};' Hasilkan karya apik dengan mobile Photography - Moving forward

Header Ads

Hasilkan karya apik dengan mobile Photography

Hasilkan karya apik dengan mobile Photography




Bagaimana menghasilkan karya apik dari handphone atau yang dikenal sebagai “Mobile Photography”, nah kali ini saya mau share beberapa tips mobile photography yang saya ketahui ^_^

1.Kenali perangkatmu
Pahami terlebih dahulu cara kerja kamera ponsel dengan segala keterbatasannya.

2.Ketahui aplikasi
Aplikasi dapat membantu masalah limitasi pada perangkat. Selalu simpan gambar dengan resolusi tertinggi dan buatlah copy sebelum mengaplikasikan aneka Filter.

3.Dapatkan exposure yang tepat
Pencahayaan selalu jadi fondasi untuk menghasilkan foto yang baik. Youngers bisa mengoptimalkan cahaya yang ada seperti sinar matahari, mencari tempat teduh, menggunakan selembar kertas untuk memantulkan cahaya, dan sebagainya. Gunakan Flash ponsel sebagai opsi terakhir.

4.Komposisi adalah raja
Komposisi adalah unsur vital dalam fotografi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain: The Rule of thirds – hukum sepertiga selalu menjadi fundamental. Selain itu perhatikan obyek dengan kurva atau garis konvergen. Gunakan ruang positif dan negatif. Manfaatkan warna komplementer. Gunakan pola warna dan bentuk untuk menambah daya tarik komposisi. Perhatikan latar belakang objek foto. Break the rules! Melanggar peraturan kadang dibutuhkan untuk menghasilkan foto yang keren.

5.Membagi foto (framing)
Manfaatkan benda-benda di latar depan (foreground) untuk membingkai subjek utama sehingga memberi kesan kedalaman pada hasil foto.

6.Ubah perspektif
Lihat dengan angle dan sudut pandang yang berbeda untuk menambahkan perhatian pada komposisi.

7.Black and white
Ada beberapa alasan mengapa foto dibuat hitam putih. Diantaranya adalah agar lebih kuat esensi fotonya. Menghapus warna-warna yang tidak diperlukan, memanfaatkan kelebihan backlight dan siluet, melindungi gambar yang bising atau buruk.

8.Crop
Terkadang hal-hal terjadi dengan cepat dan Youngers bereaksi langsung untuk memotret. Tanpa perlu waktu untuk memikirkan komposisi. Tak masalah karena resolusi kamera yang semakin tinggi dengan gambar lebih tajam membuat kita lebih leluasa untuk melakukan cropping.

9.Pergunakan Aksesoris
Jika ingin serius dalam “Mobile photography”,  Youngers bisa menggunakan aksesori seperti mini tripod, lensa magnetik tambahan untuk efek macro, Fis eye, telephoto dan sebagainya.

10.Seringlah memotret

Seringlah memotret berbagai obyek yang menarik di sekitar, karena akan mengasah insting fotografi.

Tidak ada komentar